Thursday, September 7, 2017

17 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Cara mencegah jerawat sangat penting, seperti penyakit lainnya, mencegah lebih baik dari pada mengobati, karena memang jerawat adalah musuh serius bagi kulit wajah. Tahukah Anda bagaimana cara mencegah jerawat? Jerawat memang dapat datang kapan saja namun yang terpenting adalah Anda mengetahui mengenai cara mencegahnya. Hal ini sangat penting dilakukan karena agar dapat secepatnya menghilangkan jerawat yang timbul. Namun sebelum kita membahas mengenai cara mencegah jerawat sebaiknya ketahui dahulu alasan jerawat dapat hinggap diwajah cantik Anda.
Faktor Penyebab Jerawat
Jerawat dapat hinggap diwajah karena beberapa faktor. Beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat misalnya saja kulit yang berminyak, penyumbatan kotoran wajah pada pori-pori wajah karena make up tebal dan tidak segera dibersihkan hingga tertidur, jenis make up yang tidak cocok dan masih banyak lagi lainnya. Untuk menjaga semua itu diperlukan cara mencegah jerawat yang ampuh dan berikut ini akan disebutkan sebanyak tujuh belas  cara ampuh untuk itu simak dengan baik dan lakukan. Semoga wajah Anda senantiasa terlindungi dari jerawat yang akan datang ke wajah.

Cara Mencegah Jerawat

  1. Membersihkan wajah
Sebaiknya jika tidak ingin terkena masalah jerawat maka Anda harus mencegah jerawat timbul dengan rajin membersihkan wajah.
Berapa Kali ?
Minimal Anda membersihkan wajah pada saat mandi dua kali sehari dan ketika akan tidur.
Cara Membersihkan
Hindari penggunaan handuk yang kasar untuk mengelap wajah Anda. Sebaiknya gunakan tangan untuk membersihkan wajah dengan sabun dan pilih handuk bayi yang halus. Perhatikan juga mengenai kebersihan handuk yang Anda kenakan. Apabila handuk yang digunakan tidak bersih maka kuman yang ada dihanduk menempel dimuka yang menyebabkan terjadinya jerawat.
  1. Gunakan pelembab
Anda juga disarankan untuk menggunakan pelembab yang cocok untuk jenis kulit. Namun jika tidak mengetahui jenis kulit Anda sebaiknya gunakan pelembab yang cocok untuk semua jenis kulit. Jika Anda menggunakan pelembab maka kulit akan terlindungi dari ultraviolet. Untuk itu pilih yang mengandung anti UV.
  1. Gunakan obat jerawat
Apabila Anda memiliki masalah dengan jerawat maka gunakan obat jerawat yang dijual bebas diapotek tanpa obat dari dokter. Namun jika ingin memakai cara alami untuk mengatasi jerawat maka silahkan oleskan madu asli ke seluruh atau bagian yang terkena jerawat saja.
  1. Make up secukupnya (Hindari Make Up kalau bisa)
Ada baiknya jika Anda lebih selektif memilih make up dengan memperhatikan kandungan bahan kimia yang ada pada make up. Jangan memilih make up murahan tapi hanya akan merusak wajah dengan jerawat yang timbul dikemudian hari. Tetapi sebaiknya menggunakan make up yang bagus walaupun sedikit mahal. Jika Anda hanya dirumah saja gunakan make up secukupnya jangan terlalu berlebihan. Gunanya untuk mengistirahatkan wajah Anda dari make up yang sehari-hari dipakai.
  1. Perhatikan rambut Anda
Jika rambut Anda panjang dan memiliki poni yang menyebabkan diarea sekitar poni berjerawat maka singkirkan poni. Mulailah peduli dengan shampo dan konditioner yang Anda pakai. Usahakan memilih shampo dan konditioner yang membuat rambut menjadi lembut dan tidak menimbulkan jerawat diarea poni. Dengan rambut yang lembut dan halus selain membuat rambut lebih sehat juga menghindarkan dari terjadinya peradangan pada kulit yang menyebabkan timbulnya jerawat.


  1. Jangan terlalu sering memegang muka dengan tangan
Hindari kontak antara tangan dengan muka karena dapat memicu terjadinya jerawat. Terlebih bagi tangan Anda tidak bersih atau memiliki tipe muka yang sensitif. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat. Cuci bersih  tangan jika akan memegang muka dan hindari kebiasaan memencet-pencet wajah yang terkena jerawat. Jika wajah ada jerawat usahakan sembuhkan dahulu barulah Anda dapat menggunakan make up.
  1. Hindari Terkena sinar matahari langsung
Hal lain yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat adalah wajah yang tidak terlindungi dan langsung terkena matahari. Untuk itu Anda dapat menggunakan tabir surya yang membantu agar melindungi sinar matahari. Anda dapat melindungi wajah dari topi, kerudung atau pun masker. Alat-alat tersebut selain melindungi wajah Anda dari sinar matahari juga melindungi diri dari asam kendaraan yang mungkin saja mengenai wajah anda.
  1. Hindari konsumsi makanan siap saji
Ada baiknya konsumsi makanan sehat seperti serat dari buah dan sayur. Makanan ini menghindarkan Anda dari timbulnya jerawat. Namun jika Anda banyak mengkonsumsi makanan siap saji, coklat dan keripik akan membuat wajah menjadi cepat berjerawat.
  1. Rajin olahraga
Jangan mengira bahwa olah raga hanya untuk menyehatkan organ dalam saja. Olah raga yang rutin dapat membantu mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat.
  1. Hindari Stress
Ada baiknya Anda menenangkan pikiran dan menghindari stress. Stress dapat dengan mudah dan merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat.
  1. Rajin berkonsultasi dengan dokter kulit
Anda dapat berkunjung ke salon yang menyediakan layanan dokter kulit. Dengan cara ini akan membantu Anda mengkonsultasikan wajah agar tetap mulus dan bersih serta bebas dari jerawat.
  1. Banyak mengkonsumsi air putih
Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka akan membantu anda untuk melarutkan minyak dan lemak yang ada didalam tubuh. Wajah dan pencernaan menjadi sehat yang mempengaruhi wajah yang kusam serta berjerawat.
  1. Menggunakan masker alami
Anda dapat merawat diri terutama bagian wajah agar tidak berjerawat tak harus pergi ke salon. Anda dapat menggunakan masker sendiri dari bahan alami misalnya saja dengan menggunakan alpukat. Adapun cara membuat masker yaitu menghaluskan alpukat. Kemudian Anda dapat mencampurkannya dengan minyak zaitun untuk menghaluskan wajah. Dan jika Anda ingin mengencangkan wajah tinggal menganti atau menambahkan putih telur didalamnya.

  1. Istirahat yang teratur
Anda dapat melakukan tindakan mencegah jerawat dengan cara menjaga istirahat lebih teratur. Dengan istirahat dengan teratur delapan jam dalam sehari maka akan membuat tubuh dan wajah menjadi lebih bugar. Hindari tidur larut malam dan begadang karena menimbulkan wajah menjadi kusam, jerawatan dan mata panda.
  1. Berpikir positif
Anda juga harus membuat pikiran menjadi lebih positif setiap harinya. Dengan berpikiran selalu positif akan membantu Anda mengatasi masalah jerawat dan muka yang kusam.
  1. Menjaga makanan yang seimbang
Mengkonsumsi makanan memang terkadang kita ingin yang berminyak atau pun yang sering mengundang timbulnya jerawat. Namun ada baiknya jika Anda menjaga makanan yang seimbang. Dengan gizi yang seimbang akan mencegah timbulnya jerawat.
  1. Menyediakan obat jerawat
Ada baiknya ketika terasa ada jerawat yang timbul segeralah menggunakan obat jerawat yang telah tersedia. Jangan menunggu hingga berlarut-larut karena dapat menyebabkan peradangan dan sulit untuk disembuhkan. Bisa juga menimbulkan bekas jerawat pada wajah Anda.
Setelah Anda mengetahui mengenai cara mencegah timbulnya jerawat ada baiknya jika melakukannya setiap hari secara teratur. Dengan cara teratur menggunakan dan melakukan hal tersebut wajah menjadi terlindungi dan bersih dari adanya jerawat. Konsultasikan cara tadi ke dokter pribadi Anda supaya hasil yang didapatkan bisa maksimal. Cara mencegah timbulnnya jerawat di atas dapat anda jadikan pedoman jika tidak ingin menjadi korban jerawat.

Sekian semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

10 Cara Memutihkan Kuku Secara Alami

Banyak orang menderita masalah kuku kuning. Masalah ini bisa dialami baik wanita maupun pria. Kuku yang berwarna kekuning-kuningan biasan...