Tuesday, August 29, 2017

5 Cara Mudah Mengambil Screenshot di PC/Laptop

Hasil gambar untuk windowsBuat kamu yang hendak mengambil screenshot di PC/laptop bersistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 10, kamu bisa mengambil screenshot dengan beberapa cara yang mudah dilakukan.


1. Logo Windows + Print Screen (PrtSc)

Untuk Windows 8 hingga Windows 10 dapat mengambil screenshot dengan keyboard shortcut.
Untuk mengambil screenshot di Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10, cukup tekan Logo Windows+Print Screen (PrtSc) secara bersamaan di keyboard komputer. Seketika itu, kamu akan melihat layar berkedip. Itu adalah tanda bahwa screenshot telah diambil.
Lalu di mana lokasi folder screenshot tersebut? Lokasinya berada di folder pribadi Picture.

C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots
Nah kamu telah berhasil mengambil screenshot di Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.
Lalu bagaimana cara mengambil screenshot di Windows 7? Bagi kamu pengguna Windows 7, kamu bisa mengambil screenshot dengan cara selanjutnya.

2. Print Screen

Pengguna Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10, bisa melakukan cara ini.
Tekan tombol Print Screen. Setelah menekan tombol tersebut, kamu telah mengambil screenshot namun tersimpan dalam RAM atau clipboard. Artinya, kamu telah mengambil dan meng-copy screenshot. Untuk menampilkannya, kamu harus mem-paste screenshot yang telah diambil tersebut ke mana pun yang kamu inginkan, misalnya Microsoft Word atau Paint atau apa pun itu.

3. Alt + Print Screen

Caranya sama seperti sebelumnya. Tekan Alt+PrintScreen, dan paste screenshot yang telah diambil. Namun, cara ini hanya mengambil screenshot dari jendela aktif saja. Taskbar dan yang lain tidak dapat diambil screenshot-nya.

4. Snipping Tool

Di Windows, ada aplikasi bawaan yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk mengambil screenshot dan membuat anotasinya. Untuk menemukan aplikasi ini, cari melalui Cortana (Windows 10) atau buka Start dan ketik “snipping tool”.


5. Picpick

Cara mengambil screenshot dengan aplikasi.
Kamu juga bisa mengambil screenshot menggunakan aplikasi, yakni PicPick. PicPick menyajikan fitur lengkapnya demi memudahkan pengguna untuk mengambil gambar tangkapan layar di PC-nya. PicPick sendiri memiliki tampilan yang mirip seperti Paint, namun dengan fitur yang lebih banyak.
Dengan PicPick, kita bisa mengambil screenshot dengan berbagai jenis ukuran layar. PicPick memiliki aplikasi editor screenshot-nya sendiri. Kamu juga bisa menambah watermark pada screenshot yang diambil.

Itulah cara mengambil screenshot di Windows. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengambil gambar tangkapan layar. Jika kamu tidak mau ribet melakukannya secara manual, gunakan PicPick untuk hasil screenshot terbaik.

Sekian semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

10 Cara Memutihkan Kuku Secara Alami

Banyak orang menderita masalah kuku kuning. Masalah ini bisa dialami baik wanita maupun pria. Kuku yang berwarna kekuning-kuningan biasan...